3 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2021

3 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2021 – Pastinya Pernahkah kalian membayangkan, aplikasi smartphone apa sih yang paling populer dan paling banyak diunduh selama ini? Mungkin, pikiran kalian tertuju ke aplikasi sosial media. Atau aplikasi chatting dan instant messenger yang kalian gunakan untuk berkirim pesan setiap hari.

3 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2021

Aplikasi Smartphone Paling Banyak Diunduh Tahun 2021

Berdasarkan knowledge dari AndroidRank, inilah aplikasi Android terpopuler sepanjang tahun 2020 yang diunduh dari Google Play Store. Dengan catatan, aplikasi dasar seperti Gmail, Google Maps, atau YouTube tidak disertakan. Mari review bersama-sama!

1. WhatsApp

WhatsApp
Sumber Foto : Logomyway

 

Di urutan pertama adalah WhatsApp yang telah sukses mengumpulkan 5,875 miliar unduhan. Padahal, di Juli 2018 lalu, WhatsApp baru mencapai 2,9 miliar unduhan. Kenaikan yang pesat!

WhatsApp Messenger adalah salah satu aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. Aplikasi ini memungkinkan kalian bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger memanfaatkan paket data internet.

Aplikasi yang sering disebut WA ini bisa terkoneksi dengan jaringan internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan memanfaatkan WhatsApp, kami mampu melakukan percakapan daring, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Sejarah Whatsapp

Pasti kalian banyak belum tahu kan tentang sejarah aplikasi WhatsApp mari kita simak. Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone/iOS , kemudian seiring dengan pesatnya perkembangan, aplikasi WA tersedia termasuk untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone, dan Symbian.

Pada bulan November tahun 2010, WhatsApp berhasil mendiami posisi ke 3 untuk aplikasi paling laris yang diunduh melalui nokia Ovi Store, Swype dan NHL game center premium.

Penggunaan WhatsApp

WhatsApp support iPhone, BlackBerry, smartphone Android, serta Symbian (Nokia). Tetapi aplikasi WA hanya mampu terhubung untuk sesama pengguna yang miliki aplikasi ini juga. Aplikasi WhatsApp bisa didownload gratis di websitenya atau di playstore dan appstore.

Untuk Login Aplikasi ini kita hanya pelu no telepon ponsel untuk berinteraksi bersama dengan sesama pengguna WhatsApp. Aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan dan tentunya untuk berkomunikasi.

Aplikasi ini mengfungsikan fitur push agar Anda mampu selalu memberitahukan pesan yang sedang diterima. Beberapa perihal yang perlu diperhatikan didalam pemakaian WhatsApp adalah

  • Kestabilan Koneksi Aplikasi Ini

WhatsApp ini mengandalkan koneksi internet lewat jaringan GPRS/EDGE/3G/4G atau Wi-Fi untuk menjalankannya. Kalian dapat melihat kontak maupun percakapan dengan teman Anda meskipun tidak tersambung dengan koneksi internet, namun ketika kalian coba untuk mengirim pesan, terdapat tanda jam atau yang sering disebut jamkot yang pertanda pesan Anda ditunda pengirimannya hingga terdapat koneksi internet.

  • ┬áNotifikasi

Terdapat fiktur pilihan notifikasi untuk pemberitahuan saat ada pesan baru di menu pengaturan. Kalian dapat memilih menampilkan pesan baru secara Pop Up atau cuma tampil di saja notifikasi. Anda pun dapat menyesuaikan suara nada dering panggilan di menu pengaturan.

  • Nomor Hp sebagai PIN

WhatsApp untuk memberi tambahan teman, nomor ponsel rekan Anda yang diperlukan. Anda tidak perlu memberi tambahan rekan di dalam aplikasi WhatsApp tersebut. Hanya dengan mengisi daftar kontak telpon Anda dengan teman Anda beserta nomor telfonya, dan melaksanakan sinkronisasi dengan menekan tombol segarkan di option selagi berada di daftar teman.

Anda termasuk mampu menscan QR yang dihidangkan WhatsApp untuk memberi tambahan Kontak tanpa menaruh secara langsung. Apabila rekan Anda terdaftar gunakan nomor poselnya tersebut, WhatsApp dapat mencarinya sendiri dan menampilkan rekan Anda langsung di daftar panggilan.

Baca Juga : 15 Aplikasi Pengolah Kata Terbaik

Saat pertama kali menginstallnya, Anda dapat mendapatkan daftar kontak WhatsApp yang terisi secara otomatis. WhatsApp langsung mengambil information di kontak telpon dan melaksanakan sinkronisasi dengan server. Apabila nomor poselnya rekan Anda terdaftar di WhatsApp, otomatis aplikasi ini dapat mengenalnya.

  • Fitur kirim pesan media yang Tersedia Di WhatsApp :

– Foto langsung berasal dari kamera, pengelola berkas , dan galeri.

-Video langsung berasal dari video kamera, pengelola berkas, dan galeri.

-Audio langsung merekam suara, pengelola berkas, audio.

-Lokasi

-Kontak (mengirim teliti kontak berasal dari kontak telepon).


2. Facebook

Facebook
Sumber Foto ; Logos-world

 

Berada satu peringkat dibawah WhatsApp, Facebook tercatat sukses memperoleh 5,478 miliar unduhan. Tapi bukan hal yang mengejutkan lagi sebab Facebook udah dirilis sejak 4 Februari 2004 silam dan menjadi favorit banyak kalangan.

sebuah platform jejaring sosial yang berkantor pusat di wilayah Menlo Park, California, yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Terhitung sejak September 2012, Facebook sudah memiliki lebih dari satu miliar pengguna facebook secara aktif, lebih dari separuhnya menggukan aplikasi smartphone.

Pengguna mesti mendaftar sebelum bisa gunakan web ini. Pengguna bisa membuat profil pribadi mereka sendiri, memberikan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, juga pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

Para pengguna Facebook bisa berkumpul dengan kelompok pengguna bersama ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan daerah kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke didalam daftar seperti “Rekan Kerja” atau “Teman Dekat”.

Sejarah Facebook

Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, terhadap tanggal 28 Oktober 2003 kala berada di Harvard sebagai mahasiswa th. kedua. Menurut The Harvard Crimson, website ini mirip bersama dengan Hot or Not, dan memakai “foto yang diperoleh berasal dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, memasang dua foto berdampingan terhadap satu sementara dan menghendaki pengguna memilih yang mana yang paling seksi”.

Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke anggota jaringan computer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID privat asrama. Harvard terhadap sementara itu tidak punya “buku wajah” (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 penampilan foto terhadap empat jam pertama mengudara.

Situs ini segera diteruskan ke beberapa server group kampus,tetapi dimatikan beberapa hari lantas oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum gara-gara menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan.

Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalannya ini terhadap semester tersebut bersama dengan menyebabkan peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final histori seni, bersama dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke website webnya, bersama dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia terhubung website tersebut kepada rekan sekelasnya, dan mereka jadi saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg jadi menulis kode untuk website website baru terhadap Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson perihal insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang awalannya berada di website website TheFacebook.com.

Enam hari sesudah website ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka yakin ia mendukung mereka menyebabkan jejaring sosial bernama HarvardConnection.com,

sementara ia memakai gagasan mereka untuk menyebabkan sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang pada akhirnya diselesaikan.

Keanggotaan awalannya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan terhadap bulan pertama, lebih berasal dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di website ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera join bersama dengan Zuckerberg untuk mendukung mempromosikan website website ini.

Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini lantas dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa kampus di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan terhadap musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering berikan wejangan kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.

Perusahaan ini menerima investasi pertamanya terhadap bulan itu berasal dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[34] Perusahaan ini menghapus The berasal dari namanya sesudah belanja nama ranah facebook.com terhadap th. 2005 bersama dengan nilai $200.000.

Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas terhadap September 2005 yang diakui Zuckerberg sebagai bagian logis selanjutnya.[45] Pada sementara itu, jaringan sekolah menengah perlu undangan untuk bergabung.

Facebook lantas memperluas syarat-syarat keanggotaannya kepada karyawan berasal dari sejumlah perusahaan, juga Apple Inc. dan Microsoft.[47] Facebook lantas dibuka tanggal 26 September 2006 kepada tiap-tiap orang yang berusia 13 th. dan ke atas bersama dengan alamat surel yang sah.


3. Instagram

Instagram
Sumber Foto ; Gadgetren

 

Media sosial berbasis berbagi foto ini telah memperoleh 2,796 miliar kali unduhan. Instagram adalah sebenarnya juga aplikasi milik Facebook yang telah diakuisisi oleh perusahaan lain pada tahun 2012.

Instagram (juga disebut IG atau Insta) adalah sebuah aplikasi sharing foto dan video yang sangat kemungkinan pengguna mengambil alih foto, mengambil alih video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke beragam sarana jejaring sosial, termasuk mempunyai Instagram sendiri.

Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, supaya nampak seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini tidak sama bersama dengan rasio faktor 4:3 atau 16:9 yang lazim digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun bersama sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru, telephone genggam Android apapun bersama sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunduh lewat Apple App Store dan Google Play.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih alih Instagram bersama nilai kurang lebih $1 miliar.

Sejarah Instagram

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalannya Burbn, Inc. sendiri mempunyai fokus yang benar-benar banyak di didalam HTML5 peranti bergerak, tapi kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu perihal saja.

Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membawa dampak sebuah ide yang bagus, pada selanjutnya mereka membawa dampak sebuah versi pertama berasal dari Burbn, tapi di dalamnya tetap tersedia lebih dari satu perihal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah sanggup digunakan iPhone yang isinya benar-benar banyak bersama dengan fitur-fitur.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan mengawali kembali berasal dari awal, tapi selanjutnya mereka hanya memfokuskan pada anggota foto, komentar, dan terhitung kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang selanjutnya jadi Instagram.

Nama Instagram berasal berasal dari pengertian berasal dari total fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal berasal dari kata “instan”, layaknya kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram terhitung bisa menampilkan foto-foto secara instan, layaknya polaroid di di dalam tampilannya.

Sedangkan untuk kata “gram” berasal berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya untuk mengirimkan Info kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang bisa mengunggah foto dengan pakai jaringan Internet, agar Info yang mengidamkan disampaikan bisa diterima dengan cepat. Oleh dikarenakan itulah Instagram merupakan lakuran berasal dari kata instan dan telegram.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar di dalam bentuk tunai dan saham.

Pada tanggal 11 Mei 2016, Instagram memperkenalkan penampilan baru sekaligus ikon baru dan desain aplikasi baru. Terinspirasi oleh ikon aplikasi sebelumnya, ikon baru merupakan kamera simpel dan pelangi hidup di dalam bentuk gradien.

Fitur-fitur Yang Terdapat Di Instagram

  • Pengikut

Sistem sosial di di dalam Instagram adalah dengan jadi mengikuti account pengguna lainnya, atau miliki pengikut Instagram. Dengan demikianlah komunikasi pada sesama pengguna Instagram sendiri mampu terkait dengan beri tambahan tanda senang dan terhitung mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.

Pengikut terhitung jadi keliru satu unsur yang penting, dan kuantitas tanda senang dari para pengikut amat mempengaruhi apakah foto tersebut mampu jadi sebuah foto yang tenar atau tidak. Untuk menemukan teman-teman yang tersedia di di dalam Instagram, mampu pakai teman-teman mereka yang terhitung pakai Instagram melalui jejaring sosial layaknya Twitter dan terhitung Facebook.

  • Mengunggah Foto

Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai area untuk mengunggah dan share foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang menghendaki diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut.

  • Kamera

Foto yang telah diambil lewat aplikasi Instagram dapat disimpan di dalam iDevice tersebut. Penggunaan kamera lewat Instagram juga dapat segera memanfaatkan efek-efek yang ada, untuk menyesuaikan pewarnaan dari foto yang dikehendaki oleh sang pengguna.

Ada juga efek kamera tilt-shift yang fungsinya adalah untuk memfokuskan sebuah foto terhadap satu titik tertentu. Setelah foto diambil lewat kamera di dalam Instagram, foto berikut juga dapat diputar arahnya sesuai dengan keinginan para pengguna.[17]

Foto-foto yang bakal diunggah lewat Instagram tidak terbatas atas jumlah tertentu, tapi Instagram miliki keterbatasan ukuran untuk foto. Ukuran yang digunakan di dalam Instagram adalah dengan rasio 3:2 atau hanya sekedar berupa kotak saja.

Para pengguna hanya dapat mengunggah foto dengan format itu saja, atau kudu menyunting foto berikut terutama dahulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah para pengguna memilih sebuah foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka pengguna bakal dibawa ke halaman setelah itu untuk menyunting foto tersebut.

  • Efek foto

Pada versi awalnya, Instagram punya 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna terhadap saat mereka hendak menyunting fotonya. Efek berikut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin.

Pada tanggal 20 September 2011, Instagam telah mengimbuhkan 4 buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek, para pengguna termasuk dapat menyingkirkan bingkai-bingkai foto yang telah termasuk di di dalam efek tersebut.

Fitur lainnya yang ada terhadap anggota penyuntingan adalah tilt-shift yang fungsinya mirip bersama efek kamera lewat Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik terhadap sebuah foto, dan sekelilingnya jadi buram. Dalam penggunaannya aplikasi tilt-shift punya 2 bentuk, yaitu persegi panjang dan bulat.

Kedua wujud berikut dapat diatur besar dan kecilnya bersama titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift termasuk sesuaikan rupa foto di sekeliling titik fokus tersebut, supaya para pengguna dapat sesuaikan tingkat keburaman terhadap sekeliling titik fokus di di dalam foto tersebut.

  • Judul foto

Setelah foto berikut disunting, maka foto dapat dibawa ke halaman selanjutnya, dan foto berikut dapat diunggah ke didalam Instagram ataupun ke jejaringan sosial lainnya. Di dalamnya tidak hanya ada pilihan untuk mengunggah pada jejaring sosial atau tidak, tapi juga untuk memasukkan judul foto, dan beri tambahan lokasi foto tersebut.

Sebelum mengunggah sebuah foto, para pengguna sanggup memasukkan judul untuk menamai foto berikut sesuai bersama apa yang ada dipikiran para pengguna. Judul-judul berikut sanggup digunakan pengguna untuk menyinggung pengguna Instagram lainnya bersama mencantumkan nama account berasal dari orang tersebut. Para pengguna juga sanggup beri tambahan label pada judul foto tersebut, sebagai isyarat untuk mengelompokkan foto berikut di didalam sebuah kategori.

  • Label foto

Sebuah label didalam Instagram adalah sebuah kode yang memudahkan para pengguna untuk melacak foto tersebut dengan gunakan “kata kunci”.

Bila para pengguna beri tambahan label terhadap sebuah foto, maka foto tersebut sanggup lebih mudah untuk ditemukan. Label itu sendiri sanggup digunakan di didalam segala wujud komunikasi yang perihal dengan foto itu sendiri.

Para pengguna sanggup memasukkan namanya sendiri, daerah pengambilan foto tersebut, untuk mengumumkan sebuah acara, untuk tandanya bahwa foto tersebut mengikuti sebuah lomba, atau untuk tandanya bahwa foto tersebut dihasilkan oleh anggota komunitas Instagram.

Foto yang telah diunggah sanggup dicantumkann label yang sesuai dengan informasi yang perihal dengan foto. Pada waktu ini, label adalah langkah yang paling baik kalau pengguna hendak mempromosikan foto di didalam Instagram.

  • Fiktur Like/Suka

Instagram terhitung punyai sebuah fitur tanda puas yang fungsinya punyai kesamaan bersama dengan yang disediakan Facebook, yakni sebagai penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang sudah diunggah.

Berdasarkan bersama dengan durasi kala dan jumlah puas terhadap sebuah foto di didalam Instagram, perihal itulah yang menjadi segi tertentu yang merubah foto berikut kondang atau tidak. Namun jumlah pengikut terhitung menjadi tidak benar satu unsur yang perlu sebabkan foto menjadi terkenal.

Bila sebuah foto menjadi terkenal, maka secara segera foto berikut bakal masuk ke didalam halaman populer tersendiri. Itulah tadi pembahasan tentang 3 Aplikasi Smartphone Terpopuler Tahun 2021 nantikan update artikel selanjutnya dari kami.