5 Aplikasi Ojek Online Terpopuler di Indonesia

5 Aplikasi Ojek Online Terpopuler di Indonesia – Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, banyak hal yang bisa segera dilakukan. Apa pun kebutuhan manusia, itu bisa dilakukan secara online atau menggunakan Internet.

5 Aplikasi Ojek Online Terpopuler di Indonesia

Sumber : urbandigital.id

openmobileww – Diantara berbagai macam hal yang bisa dilakukan secara online, salah satu hal yang paling umum dilakukan orang saat ini adalah memesan ojek online.

Ojek online adalah inovasi yang sangat cerdas. Ini karena kehadiran mereka memudahkan orang untuk bepergian.

Saat ini ojek online sedang menjadi trend lalu lintas. Jika beberapa tahun lalu ojek online hanya tersedia di kota-kota besar di Indonesia, kini ojek online sudah bisa digunakan di berbagai daerah.

Faktanya, Anda bisa menemukan banyak jenis ojek online di Indonesia.

Berikut 5 Aplikasi Ojek Online Terpopuler di Indonesia

 Baca Juga : 6 Aplikasi Kurir atau Pengiriman Barang Terbaik

1. GO-JEK

Sumber : yourtechstory.com

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, menjalankan bisnis sebagai Gojek (dalam huruf kecil semua sebagai gojek, sebelumnya ditata sebagai GO-JEK), adalah platform multi-layanan on-demand Indonesia dan grup teknologi pembayaran digital yang berbasis di Jakarta. Gojek pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 2009 sebagai call center yang menghubungkan konsumen dengan layanan pengiriman kurir dan layanan pemesanan kendaraan roda dua. Gojek meluncurkan aplikasinya pada tahun 2015 dengan hanya empat layanan: GoRide, GoSend, GoShop, dan GoFood. Dengan nilai US $ 10 miliar saat ini, Gojek telah berubah menjadi Super App, menyediakan lebih dari 20 layanan.

Gojek beroperasi di Indonesia, Vietnam, Singapura, Thailand, dan Filipina (melalui akuisisi Coins.ph). Gojek adalah perusahaan unicorn Indonesia pertama, sekaligus perusahaan “decacorn” pertama di negara itu. Merupakan satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang termasuk dalam 50 Perusahaan Fortune yang Mengubah Dunia pada tahun 2017 dan 2019, masing-masing berada di peringkat 17 dan 11. Pada Juni 2020, ia memiliki sekitar 170 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara.

Gojek telah memenangkan dukungan finansial dari investor termasuk Astra International, blibli.com, Google, Facebook, PayPal, Mitsubishi, Sequoia, Northstar Group, sovereign wealth fund Singapura Temasek Holdings, KKR, Warburg Pincus, Visa, Parallon, Siam Commercial Bank, internet China raksasa Tencent, JD.com, meituan.com, Capital Group, antara lain.

Sejarah

Nama Gojek berasal dari istilah “Ojek” atau ojek yang umum ditemukan di seluruh Indonesia. Didirikan pada 2009 dengan 20 pengemudi sepeda motor, armadanya kini melebihi 1 juta pengemudi dan menawarkan 18 layanan berdasarkan permintaan berdasarkan aplikasi per Mei 2018. Aplikasi Gojek diluncurkan pada Januari 2015, dan dalam waktu kurang dari dua tahun, aplikasi tersebut telah diunduh hampir 30 juta kali. Gojek telah bermitra dengan bank terbesar di Singapura DBS.

Gojek didirikan bersama oleh Nadiem Makarim dan Michaelangelo Moran. Nadiem, penduduk asli Indonesia, memiliki gelar dari Brown University dan Harvard Business School. Dia bekerja di konsultan McKinsey and Co. selama tiga tahun sebelum memulai Gojek dari sebuah pusat panggilan kecil dengan hanya 20 pengemudi ojek, yang kemudian menjadi perekrut. Sebagai pengguna ojek yang setia, Nadiem menemukan bahwa para pengemudi ojek menghabiskan sebagian besar waktunya menunggu pelanggan, sementara pelanggan membuang waktu untuk berkeliling mencari ojek yang tersedia. Gojek dibangun untuk mengatasi masalah ini, dengan menyediakan platform di mana pengemudi dan pengendara dapat terhubung secara efisien dan memungkinkan pengemudi tersebut untuk meningkatkan pendapatan mereka. Salah satu pendiri dan teman lama SMA lainnya, Michaelangelo Moran, selain menjabat sebagai Direktur Merek perusahaan, juga dikenal karena mendesain logo ikonik pertama perusahaan dan merek seluruh perusahaan.

Mulai Mei 2018, aplikasi ini menawarkan 18 layanan, dengan 2 layanan baru yang akan datang dalam bisnis konten online, yang menghasilkan total 20 layanan sesuai permintaan dalam satu platform. Menjadi perusahaan rintisan yang dijalankan di Indonesia memanfaatkan keuntungan Gojek dalam menavigasi lingkungan peraturan lokal, serta memahami pasar lokal. Hal ini memungkinkan mereka untuk menggabungkan fitur ke dalam aplikasinya yang lebih sesuai dengan pengemudi lokal dan konsumen lokal. Gojek merekrut 100 lulusan baru di bidang teknik dari India pada tahun 2017.

Pada 17 Maret 2020, Gojek menerima $ 1,2 miliar, sehingga total pendanaan untuk putaran Seri-F-nya menjadi hampir $ 3 miliar. Pada tahun yang sama, perusahaan meluncurkan GoStore, sebuah solusi yang membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal mendirikan toko online dengan mudah.

Perjalanan Gojek menjadi startup unicorn dimulai pada akhir tahun 2014 ketika Gojek mendapatkan pendanaan pertamanya dari NSI Ventures (sekarang Openspace Ventures), dana modal ventura di Northstar Group. Karena pertumbuhan yang cepat di awal 2015, Gojek menarik investasi tambahan dari Sequoia India dan dana ekuitas swasta Northstar.

Setelah menutup putaran pendanaan pada Agustus 2016 yang mengumpulkan hingga $ 550 juta, dua perusahaan terbesar di Indonesia, Astra International, dan Blibli.com, berinvestasi di Gojek. [38] Investor internasional termasuk raksasa teknologi seperti perusahaan Amerika Google dan Chinese Tencent, bersama dengan perusahaan investasi global Temasek. [41] Sebuah survei mengungkapkan Gojek sebagai aplikasi pemesanan kendaraan paling populer di Indonesia. Perusahaan ini bernilai sekitar $ 5 miliar per Februari 2018, yang melebihi total kapitalisasi pasar semua perusahaan transportasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada Mei 2018, diumumkan bahwa Gojek menginvestasikan $ 500 juta untuk strategi ekspansi internasionalnya. Pada Januari 2019, startup tersebut menutup putaran pembiayaan lain sebesar $ 2 miliar. Penilaian total perusahaan mencapai $ 9,5 miliar.

Pada Maret 2020, Gojek mengumumkan telah menerima $ 1,2 Miliar pendanaan untuk putaran Seri F. Valuasi yang dicari adalah U $ 10 Miliar USD.

Pada Juni 2020, platform perpesanan Facebook WhatsApp dan PayPal mengumumkan bahwa mereka telah berinvestasi di Gojek sebagai bagian dari putaran penggalangan dana yang sedang berlangsung. Meskipun tidak mengungkapkan ukuran dan sifat investasi, investasi tersebut digambarkan sebagai “berarti”.

2. GrabBike

Sumber : klgadgetguy.com

Grab adalah aplikasi #1 di Asia Tenggara untuk pemesanan transportasi, makanan, belanjaan, jasa pengiriman, dan juga pembayaran e-money. Dengan aplikasi Grab baru, kamu akan mendapat layanan pemesanan mobil pribadi dan taksi dari komunitas mitra pengemudi terbesar di wilayah ini, pengiriman makanan dari restoran favoritmu, pengiriman paket, dan pembayaran nontunai lewat aplikasi e-wallet yang dapat dukungan oleh OVO. Apa pun kebutuhanmu, Grab miliki solusinya.

Transportasi untuk tiap tiap kesempatan & anggaran

• GrabTaxi: Taksi bertarif selamanya dari awal di mana pun kamu berada, kapan pun kamu mau.

• GrabCar, GrabCar Plus & GrabCar XL: Pilih transportasi yang terjangkau, privat, atau XL agar perjalanan lebih nyaman.

• GrabBike: Layanan ojek siap membawamu ke target secepat mungkin.

• GreenLine Taxi: Layanan taksi dari Grab yang memberi pengalaman baru dengan internet & streaming film gratis, kudapan, dan opsi pembayaran tanpa kontak atau e-wallet yang mudah.

• GrabAssistant: Minta pengemudi belanja dan mengantar barang dari berbagai toko.

• GrabWheels: Akses ke alat mobilitas pribadi (eScooter).

Layanan Pengiriman Makanan yang mencukupi keinginanmu

• GrabFood: Makananmu langsung diantar dengan layanan pengiriman makanan kami. Pilih dari ribuan restoran – aplikasi pemesanan makanan dan mitra pengiriman kita akan antar makanan ke tempatmu dengan aman.

Pengiriman Paket cocok pesanan

• GrabExpress: Layanan pengiriman cocok pesanan membantumu mengirim barang seperti dokumen, paket, dan hadiah.

Pengiriman Belanjaan cocok pesanan

• GrabMart: Beli belanjaan, makanan kemasan, product kesehatan & kecantikan, hadiah, dan barang belanja lainnya. Pesananmu akan diantar didalam selagi kurang dari 1 jam.

• Belanjaan: Telusuri katalog product toko-toko yang kamu bahagia dan pesan langsung dari aplikasi.

Dompet E-money & Solusi Finansial

• Bayar dengan OVO: Bayar jasa transportasi dan pengiriman dengan dompet OVO.

• Tagihan: Bayar tagihanmu secara cepat, aman, dan lancar dengan dompet OVO.

• GrabInsure: Solusi fleksibel dan inovatif untuk kebutuhan asuransi harianmu.

Layanan Rumah & Kesehatan:

• Clean & Fix: Bersihkan dan perbaiki rumahmu cocok permintaan.

• GrabHealth: Dapatkan saran medis gratis dan terpercaya dari dokter, dan juga pengiriman obat, product kesehatan & kecantikan.

• Isi Ulang Pulsa: Isi pulsa dan paket knowledge secara cepat, efisien, dan aman dengan fitur teranyar Grab.

Perjalanan & Hiburan:

• GrabTickets: Lihat jadwal dan beli tiket pertunjukan langsung dari aplikasi Grab.

• Hotel: Pesan hotel untuk perjalananmu lewat aplikasi Grab.

• Lokawisata: Pesan perjalanan dan kegiatan terkenal dengan harga bersaing.

Hadiah & Voucher

• GrabGifts: Tebus kartu hadiah digital untuk memesan transportasi, makanan, atau jasa pengiriman di aplikasi Grab.

• GrabRewards: Dapatkan poin hadiah dari penggunaan transportasi Grab, GrabFood, GrabExpress, dan layanan Grab lainnya.

3. BangJek

Sumber : apkgk.com

BangJek adalah jasa ojek online yang berlokasi di Yogyakarta. Aplikasi tersebut akan menarik penumpang dengan harga yang sangat rendah.

Tarif yang dibebankan BangJek kepada penumpang mulai dari Rp 1.500 per kilometer. Calon penumpang bisa mencari tukang ojek online berdasarkan lokasi terdekatnya.

Selanjutnya, penumpang akan mencari rute pengiriman terdekat. Ini dilakukan oleh aplikasi untuk meminimalkan biaya pengiriman.

4. Ojek ARGO

Sumber : facebook.com

Ojek ARGO adalah salah satu penyedia layanan ojek online yang memungut biaya rendah kepada penumpang.

Pengguna aplikasi hanya perlu membayar sekitar Rp 1.500 per kilometer, dan jumlah minimum pemesanan hanya Rp 10.000.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa mendapatkan beragam fungsi menarik. Beberapa fitur menarik dari ARGO Ojek antara lain komunikasi langsung dengan pengemudi tanpa menggunakan smartphone.

 Baca Juga : 4 Aplikasi untuk Cek Harga Tiket Kereta Terbaik di Android

5. Bojek

Sumber : bojek.id

Kalau di Yogyakarta ada BangJek, Bogor beda. Pastinya Bogor juga punya jasa ojek sendiri bernama Bojek.

Bojek sendiri merupakan singkatan dari “Bogor Ojek”. Nampaknya keberadaan layanan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat.

Tidak hanya dapat mengangkut penumpang, layanan Bojek juga menyediakan layanan pengangkutan barang atau dokumen. Layanan ini hampir sama dengan yang ada di GO-JEK.

Meski layanan Bojek masih terbilang baru di dunia ojek online, jangan salah sangka. Karena Bojek sudah mendapat review bagus. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen merasa puas dengan layanan yang diberikan Bojek. Langsung saja unduh aplikasi berikut di Google play