Ini 5 Tips Lindungi Privasi Perangkat Mobile

Ini 5 Tips Lindungi Privasi Perangkat Mobile – Saat ini, perangkat yang bernama smartphone alias ponsel pintar ini merupakan salah satu alat komunikasi yang tidak mampu dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Hal ini tak lain karena berbagai macam fungsi yang dimiliki oleh smartphone itu sendiri.

Maka dari itu, perlindungan data privasi ponsel saat ini sangat penting untuk dilakukan. Apalagi di era digital yang sudah serba canggih ini. Mengingat banyak sekali kejahatan siber yang telah dilakukan di dunia maya dan membuat berbagai macam kerugian.

Ini 5 Langkah Lindungi Data Pribadi Pada Perangkat Mobile

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini ponsel merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan banyak orang. Tidak hanya digunakan sebagai alat berkomunikasi saja.

Melainkan, ponsel juga digunakan untuk menyimpan data pribadi dan juga berbagai macam hal berharga lainnya. Baik itu foto, video, dokumen, audio, hingga berbagai macam aplikasi lainnya.

Beberapa belakangan ini, para pengguna ponsel pintar tersebut juga dihimbau untuk bijak dalam menggunakan aplikasi dan juga aktivitas internet lainnya. Hal ini tak lain disebabkan karena sudah banyak sekali kasus pencurian data pribadi.

Bahkan, ada pula kasus penipuan yang mengatas namakan data diri orang lain. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya bukan?

Maka dari itu, keamanan data pribadi pada ponsel sendiri tentunya sangat penting untuk dilakukan. Bahkan pihak keamanan siber pun juga telah menyarankan para pengguna smartphone agar lebih berhati-hati dan juga memeriksa secara rutin privasi dan data dirinya.

Nah, sebelum terjadi kebocoran data dan juga kejahatan siber lainnya maka dari itu Anda perlu melakukan ke 5 tips yang ada di bawah ini untuk melindungi segala macam privasi yang dimiliki ya!

1. Pastikan data terenkripsi
Masing-masing situs mempunyai sistem keamanan atau enkripsi yang berguna untuk memastikan seluruh data terkode pada saat dikirimkan melalui situs web. Sebagai contoh, biasanya sebuah situs mempunyai sekuritas HTTP atau sering disingkat dengan HTTPS. Fungsi dari HTTPS tersebut tak lain digunakan untuk menjaga keamanan enkripsi data. Hal ini dapat Anda ketahui dengan cara melihat salah satu alamat situs yang dibubuhi dengan awalan https.

Di sisi lain, Anda juga dapat melihat suatu keamanan situs dengan cara melihat adanya bentuk logo gembok yang terdapat di bagian kiri atas, tepatnya di sebelah tautan alamat situs itu sendiri.

2. Waspadai ketika menggunakan jaringan internet publik atau Wi-Fi
Apabila sedang berada di tempat umum dan menemukan banyak sekali Wi-Fi yang dapat diakses secara gratis maka tidak jarang sebagian besar orang akan tergiur untuk menggunakan jaringan internet tersebut bukan? Apakah Anda salah satunya?

Jika iya, Anda harus berhati-hati dengan jaringan internet publik yang satu ini. Sebab, tak jarang jika ada beberapa Wi-Fi yang menggunakan access point palsu. Dengan begitu pada saat Anda akan login maka data pribadinya justru malah akan dibobol.

3. Waspadai jika mendapat link/tautan
Apakah Anda sering mendapatkan tautan alias link yang mengatasnamakan organisasi maupun instansi terkenal? Jika iya, maka dari itu Anda harus mewaspadainya agar tidak terjerumus dalam kebocoran data.

Hal ini tak lain karena banyak sekali link palsu atau tautan phising tersebut justru malah mengarahkan Anda ke halaman login yang palsu sebagai tipu muslihat untuk menjebak serta mencuri berbagai macam data pribadi yang Anda miliki.

Gunakan mode penyamaran ketika berselancar di dunia maya

4. Gunakan mode penyamaran ketika berselancar di dunia maya
Ketika sedang berselancar di dunia maya, maka alangkah baiknya lagi jika Anda menggunakan metode penyamaran alias mode incognito. Saat ini sudah banyak sekali browser canggih yang menyediakan fitur tersebut.

Fungsi fitur yang ada di dalam ponsel ini tak lain yaitu berguna untuk mematikan seluruh rekaman data pada saat Anda sedang melakukan proses pencarian data dari internet melalui browser.

Nah, jika menggunakan fitur ini maka browser tidak akan merekam segala macam aktivitas yang sedang Anda jalankan tersebut. Baik itu alamat situs, data pribadi layaknya nama pengguna untuk login, password, cache, cookies dari halaman web yang telah Anda kunjungi.

5. Periksa izin aplikasi yang telah terpasang
Sebisa mungkin, instal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan pada smartphone Anda. Apabila ada yang tidak penting, maka jangan segan-segan untuk segera menghapusnya ya! Hal itu sangat penting untuk menjaga ruang penyimpanan ponsel agar kinerjanya optimal.

Selain itu, jangka waktu pemakaian baterai Anda pun menjadi lebih awet. Sebab, tanpa disadari banyak program aplikasi legal dan sah yang dapat menjadi objek peretasan karena kelalaian pengembangnya yang tanpa disadari menggunakan komponen berbahaya.

Jika sudah, maka jangan berikan semua izin aplikasi tersebut setelah memasangnya. Gunakan seminimal mungkin izin akses untuk aplikasi yang Anda gunakan tersebut. Hal ini untuk menghindari pengumpulan data pribadi yang semakin banyak.

6. Lakukan pembaruan dan pemindaian pada aplikasi
Pembaruan pada perangkat lunak Anda ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan begitu ponsel Anda akan terlindungi dari berbagai macam serangan serta dapat memperbaiki adanya kerentanan pada aplikasi versi sebelumnya.

Jangan lupa untuk melakukan pemindaian pada aplikasi antivirus Anda di ponsel ya! Dengan begitu antivirus tersebut dapat mendeteksi aplikasi yang berbahaya lalu menghapusnya. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memindai ponsel secara berkala.

Tentunya tidak ada yang mau data pribadinya dibajak orang lain bukan? Untuk itu, keamanan privasi memang harus dilindungi dan dicek secara rutin melalui ke 5 tips di atas tadi agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.