Tips Untuk Memindah Whatsapp iPhone Ke Android

Ketika Anda berencana untuk mengganti ponsel dari iPhone ke Android, tentunya Anda ingin memindahkan semua data WhatsApp dari iPhone ke Android, bukan? Sayangnya, karena kedua ponsel memiliki sistem operasi yang berbeda, Anda tidak dapat memindahkan data lain untuk memindahkannya seperti biasa.

Tips Memindah Data Whatsapp iPhone Ke Android
Source : medcom

Ada beberapa metode seluler sederhana, dan Anda dapat menggunakan aplikasi atau email yang terintegrasi dengan fungsi WhatsApp itu sendiri. Penasaran, mau tahu? Disini openmobileww memberikan tutorial untuk membuat WhatsApp mudah dan cepat untuk migrasi dari iOS ke Android, dan sebaliknya.

Bagaimana Cara memindah Data WhatsApp iPhone Ke Android ?

Jika Anda adalah pengguna iPhone dan ingin Mentransfer Data WhatsApp ke Android dengan mudah, coba dua metode berikut. Tentunya semua data di WhatsApp bisa ditransfer dengan mudah dan cepat.

1. Dr.Fone – WhatsApp Transfer

Dr.Fone – WhatsApp Transfer
Source : piunikaweb

Metode pertama menggunakan bantuan pihak ketiga (juga disebut aplikasi). Aplikasi ini tidak sulit untuk digunakan karena Anda hanya perlu mengklik sekali, dan semua data di WhatsApp akan dengan mudah dan cepat ditransfer oleh Dr. Fone

Fone sendiri merupakan aplikasi dengan banyak keunggulan. Aplikasi tersebut dapat memindahkan semua data di WhatsApp, seperti media, chat dan kontak. Tidak ada masalah. Tidak hanya cocok untuk iOS ke Android, tetapi Anda juga dapat mentransfer data WhatsApp dari Android ke iOS dengan satu klik.

Kemudian, Dr. Fone juga memiliki kemampuan untuk membuat cadangan dan memulihkan percakapan di Whatsapp. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir chat lama di WA akan terhapus

Lebih menariknya lagi, Dr. Fone bisa digunakan untuk membackup aplikasi media sosial lainnya, seperti LINE, Kik, Viber, dan WeChat. Karenanya, Anda tidak akan kehilangan konten obrolan, suara, video, dan stiker. Tenang, semua yang Anda lakukan di aplikasi ini sangat aman. Tidak perlu khawatir data Anda bocor ke pihak lain. Apakah sudah lengkap

Setelah memahami kelebihan yang diberikan Dr.Fone, kini saatnya Anda mencoba aplikasinya sendiri. Salah satu fungsinya adalah untuk mentransfer WhatsApp dari Android ke iPhone dan sebaliknya. Sederhana saja, mari kita ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi pada PC Anda. Silahkan download aplikasinya disini.
  • Jika iya, Anda bisa langsung membuka aplikasi Dr.Fone. Pastikan untuk menghubungkan Android dan iPhone ke aplikasi. Kemudian, pada menu utama, pilih WhatsApp Transfer> WhatsApp.
  • Kemudian, Anda akan dihadapkan pada 4 opsi lainnya, yaitu, mentransfer pesan WhatsApp, mencadangkan pesan WhatsApp, memulihkan pesan WhatsApp ke perangkat iOS, dan memulihkan pesan WhatsApp ke perangkat Android. Sekarang, karena Anda ingin memindahkan data WhatsApp, pilih opsi Transfer Pesan WhatsApp.
  • Pada langkah selanjutnya, Dr. Fone akan mendeteksi ponsel Android dan iPhone Anda segera seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
  • Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dengan mengklik Transfer. Aplikasi ini secara otomatis akan mentransfer WhatsApp dari iOS ke Android dengan cepat.
  • Tunggu hingga proses transfer data selesai agar Anda bisa membuka WhatsApp seperti biasa.
  • Caranya, cara migrasi WhatsApp ke ponsel baru sangat simpel bukan? Anda tidak perlu khawatir dengan obrolan WhatsApp di iPhone Anda, karena sekarang semuanya telah ditransfer ke Android!

2. Dengan Backup Data Ke Email

Email
Source : infobip

Metode kedua adalah menggunakan email. Cara ini juga sangat sederhana, namun sayangnya Anda tidak dapat membuka data di WhatsApp karena telah diekspor ke format “txt”. Karenanya, cara ini hanya digunakan untuk menyimpan konten percakapan WhatsApp. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih Pengaturan> Pengaturan Obrolan> Obrolan Email.
  • Selanjutnya, pilih percakapan WhatsApp yang ingin Anda pindahkan. Jendela baru akan muncul, mengatakan “Melampirkan media akan menghasilkan email yang lebih besar.” Jika Anda ingin menyimpan gambar dan video, pilih “Lampirkan Media”, dan sebaliknya, pilih “Tanpa Media” untuk tidak menyimpan video dan gambar.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan email dengan kata sandi email. Setelah itu langsung klik Send
  • Selesai, sekarang sudah kirim semua data WhatsApp ke email. Silakan buka email untuk melihat data, tetapi Anda tidak dapat membuka data di WhatsApp, bukan?

Baca Juga : 4 Aplikasi Hack Whatsapp

Bagaimana Cara Memindahkan Data Wa Android Ke Android ?

Jika Anda pengguna Android dan ingin memindahkan data WA ke ponsel Android lain, Anda dapat menggunakan fungsi backup WhatsApp. Caranya sangat sederhana, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama buka aplikasi WA. Kemudian klik Pengaturan> Obrolan> Cadangan Obrolan. Kemudian, jangan lupa untuk mengaktifkan opsi “Cadangkan ke Google Drive”. Kemudian klik “Cadangkan”.
  • Setelah itu jangan lupa uninstall aplikasi WA di ponsel lama kamu. Kemudian install aplikasi WA di hp baru dan masukkan nomor WA lama. Kemudian, Anda bisa langsung mengembalikan semua data WA di ponsel lama Anda, tunggu sebentar, tergantung koneksi internet Anda

Poin Yang Perlu Diperhatikan Saat Transfer Data WhatsApp

Jika Anda memutuskan untuk memindahkan data WhatsApp ke perangkat lain, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada data yang hilang.Berikut beberapa tipsnya:

1. Perhatikan Ukuran Data File WA

Pertama, Anda perlu memerhatikan ukuran data yang ingin dipindahkan, apakah cukup disimpan di device baru atau tidak. Jika Anda memiliki storage yang besar di device lain maka hal ini tidak akan jadi masalah.

Tapi, jika device Anda ternyata memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas, sebaiknya pilih beberapa data saja yang perlu dipindahkan. Biasanya, data seperti video dan gambar punya ukuran yang lebih besar dibandingkan data berupa teks.

2. Pilih Data Yang Menurut Anda Penting

Tip ini juga cocok untuk orang dengan kapasitas penyimpanan terbatas. Untuk mencegah penyimpanan cepat habis, sebaiknya pilih hanya data penting saja, seperti data pekerjaan, perkuliahan atau lainnya. Memilih data juga bisa membuat WhatsApp Anda lebih teratur.

3. Jangan Lupa Untuk Melakukan Verifikasi

Lakukan verifikasi untuk melindungi semua data di WhatsApp. Oleh karena itu, tidak hanya setiap orang yang dapat mengakses WhatsApp dan data WhatsApp Anda. Tentunya ini lebih aman, terutama bila Anda memiliki data yang sangat penting dan rahasia.

Ini adalah cara mudah untuk memigrasi data WA dari iPhone ke Android. Anda dapat memilih salah satu dari dua metode. Namun, jika Anda memiliki cara lain yang lebih mudah, beri tahu kami dan pembaca lainnya melalui bagian komentar dan tidak ada salahnya jika kalian membaca artikel Aplikasi Desain Rumah Android.